Powered by Blogger.

Membuat efek 3D transparant glass text dengan photoshop

Posted by Bencahalay

Trik membuat efek 3D Transparant glass text dengan photoshop. Ini adalah salah satu trik membuat efek teks yang transparan bening seperti kaca. Di trik ini saya menggunakan gambar berikut sebagai pattern baru yang diinstal ke photoshop. Cara selengkapnya trik membuat efek 3D transparant glass text dengan photoshop.

Membuat efek 3D transparant glass text dengan photoshop seperti ini.


Langkah persiapan silakan buat pattern baru dengan gambar berikut, caranya anda download 2 gambar ini (klik kanan > save as), kemudian buka photoshop anda, buka masing-masing gambar tadi kemudian klik (EDIT > DEFINE PATTERN).


1. Setelah langkah awal membuat pattern selesai, anda buat layer baru dan dalam contoh disini ukurannya kira-kira: 850 x 500 pixel.

2. Selanjutnya klik icon create a new group (kanan bawah), silakan klik sebanyak 3 kali untuk membuat 3 folder, lalu rubah namanya menjadi: FRAME, TEXT, dan BACKGROUND (untuk merubah nama: doble klik namanya, lalu ketik nama barunya)


3. Sekarang buat layer baru di dalam folder FRAME tsb, ganti namanya menjadi frame. Aktifkan shape tool dengan tekan U, lalu pilih rectangular shape tool, kemudian draw ke canvas, berikan sisa ruang sedikit jangan sampai penuh untuk bagian atas dan bawahnya.


4. Klik menu LAYER > LAYER STYLE > BLENDING OPTIONS dan ubah setting seperti berikut.





5. Buat layer baru diatas layer frame, lalu aktifkan Text tool dengan tekan (T), klik di canvas kerja lalu silakan rubah setting character-nya  (klik menu windows > character). Anda juga bisa mengganti nama layer ini dng nama baru (misal text).


6. Selanjutnya didalam folder BACKGROUND anda buat a new pattern fill dengan klik LAYER > NEW FILL LAYER > PATTERN > OK, kemudian pilih jenis pattern yang telah di install diawal.


7. Buka layer styles (LAYER > LAYER STYLE > BLENDING OPTIONS) lalu setting seperti berikut.





8. Di dalam folder TEXT, aktifkan text tool dengan tekan (T) kemudian ketikkan teks-nya ,setting seperti berikut.


9. Duplicate text layer yang baru anda buat tadi (LAYER > DUPLICATE LAYER) kemudian buka kembali layer styles (LAYER >> LAYER STYLE >> BLENDING OPTIONS) kemudian settings seperti berikut.








10. Kemudian untuk mempertegas efeknya klik kembali di layer text yang asli (yang anda duplicate tadi) lalu setting bagian berikut.





Hasilnya kurang lebih seperti ini.


Pada dasarnya nilai (ukuran) diatas adalah tidak mutlak) karena tergantung teks yang anda buat dan juga keinginan anda ingin seperti apa. Untuk mendapatkan hasil yang pas, ulangi lagi nilai pengaturannya dengan membuka kembali layer effect name yang ada (doble klik).

Anda juga bisa mematikan salah satu effect dengan mengklik icon mata (jika menghendakinya). Pada intinya semua tergantung selera anda, secara teknik dasar adalah seperti diatas. Anda juga bisa mendapatkan trik lainnya dengan klik link banner diatas. Selamat mencoba, semoga cukup jelas dan bermanfaat.

Related Posts:

1 comment: