Sabtu, 30 Januari 2016

Tips Mengoptimalkan fungsi RAM pada Komputer

Cara mengoptimalkan RAM pada Komputer agar kinerja lebih cepat. Anda bisa mengatur fungsi startup komputer untuk mengontrol program apa saja yang akan di load pada saat startup (komputer dinyalakan) berjalan. Dengan langkah ini, maka bisa mempercepat proses loading dan menambah kecepatan kinerja Komputer.

Mengoptimalkan fungsi RAM pada Komputer perlu dilakukan apalagi jika RAM kita hanya berkapasitas kecil, sementara banyak program yang dijalankan secara background, atau terlalu banyak yang running, yang mungkin tanpa kita sadari. Random Access Memory atau RAM merupakan sebuah memory utama yang berfungsi melakukan penyimpanan sementara saat komputer dijalankan.

Mengoptimalkan fungsi RAM pada Komputer akan membuat kinerja komputer anda lebih baik, salah satunya mengurangi (end process) program yang berjalan otomatis pada PC anda, tentunya yang saat itu tidak anda perlukan. Kita tahu semakin banyak program yang berjalan secara bersamaan akan membuat kinerja PC jadi berat. Fungsi RAM adalah sebagai pendukung bagi processor untuk melakukkan segala proses komputing. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat dengan kinerja komputer.

Mengoptimalkan fungsi RAM pada Komputer melalui Task Manager. Untuk mengatur program yang berjalan anda bisa menggunakan task manager, dan juga melalui system configuration (sartup). Untuk windows tertentu fungsi sartup bisa diakses melalui task manager, tetapi  ada juga yang harus masuk ke system configuration, untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini. Mengoptimalkan fungsi RAM pada Komputer melalui Task Manager dan system configuration.

Buka task manager dengan cara sbb:

Klik kanan di area task bar (layar bawah) kemudian pilih Start Task Manager. 


Akan muncul jendela Windows Task Manager, silakan klik tab Processes, kemudian pilih bagian mana saja yang akan anda stop atau hentikan prosesnya (satu persatu), setelah itu klik End Process (2 kali).


Selanjutnya kita akan mengatur fungsi startup (program apa saja yang akan dimuat (load) saat komputer dinyalakan.

Klik secara bersamaan, tombol (logo Windows + R) sehingga muncul jendela RUN, lalu pada kotaknya, ketik msconfig lalu OK/enter.


Pada tab General, klik Selective startup (seperti gambar)




Kemudian klik pada tab Startup. Untuk menghentikan salah satu item-nya, silakan buang centang pada bagian yang akan anda hentikan (disable) tersebut. Klik Apply > OK.


Nah, setelah langkah diatas anda jalankan, maka ruang RAM akan lebih lega, sehingga meringankan kinerja komputer dan mengoptimalkan semua fungsi yang ada. Untuk fungsi startup akan berfungsi setelah anda restart PC. Sekian tips Tips Mengoptimalkan RAM pada Komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar