Sabtu, 08 Oktober 2016

Cara backup Stock ROM android pakai MTK Droid Tools

Cara backup Stock ROM android MTK menggunakan MTK Droid Tools. Trik ini untuk jenis ponsel android dengan driver (chipset) MTK. Dengan cara ini kita bisa membuat cadangan backup ROM android dimana sewaktu waktu bisa digunakan untuk flash ulang ponsel saat mengalami masalah. Kita akan membahas cara backup Stock ROM android model MTK dengan MTK Droid Tools, ikuti tutorialnya.

Membuat backup Stock ROM android MTK melalui MTK Droid Tools tidak terlalu sulit. Anda bisa download file MTKdroidtool di bawah ini. Instal juga driver untuk ponsel anda, gunanya agar phone bisa terkoneksi dengan PC/laptop. Tujuan membackup ROM adalah jika sewaktu-waktu ponsel mengalami Bootloop, Brick, dll, maka file hasil backup tersebut bisa anda gunakan untuk flashing ulang ke StockROM (untuk nge-flash-nya bisa menggunakan SP Flash Tool).

Persiapan backup Stock ROM android menggunakan MTK Droid Tools:
Instal Driver sesuai type ponsel anda di PC/Laptop (cari di google). Agar lebih sempurna instal juga ini:

All MTK driver
USB VCOM drivers atau disini  (android chipset MT6575, MT6577, MT6589)

Tips: ekstrak file zip-nya, lalu buka folder USB VCOM drivers kemudian instal drivernya pilih InstallDriver.exe untuk pengguna Windows 32-bit dan installdrv64.exe untuk Windows 64-bit.

Catatan: agar instalasi driver berjalan sempurna colokkan HP dalam Mode recovery Mode caranya matikan ponsel, lalu tekan bersamaan tombol Power + vol-down. Atau bisa juga dengan tekan Vol-down sambil tahan, lalu colokan HP ke PC atau colokkan ke PC tanpa baterai agar instalasi driver sempurna. Tiap android caranya bisa beda-beda.

Download MTKdroidTool lalu instal di PC
http://mtktools.com/

Jalankan tool "MTKdroidTools.exe"


Sekarang aktifkan USB Debugging di HP anda (cari di Settings/pengaturan). Lalu dalam kondisi hidup, hubungkan HP ke PC/Laptop, tunggu hingga terkoneksi. Tanda sudah terkoneksi adalah muncul nama HP anda di jendela MTKdroidTools di sudut kiri bawah.


Jika nama HP tidak muncul, artinya driver belum terinstal dengan benar. Silakan coba ulangi lagi instal drivernya.

Sekarang pastikan dulu di pojok kiri bawah, jika berwarna hijau, berarti phone sudah siap. Jika belum hijau, silakan tekan tombol "ROOT" dan tunggu prosesnya selesai.


Sekarang klik tab "Root, Backup, Recovery" beri checkbox di "Backup userdata dan cache" jika anda ingin mem-backup userdata anda (boleh tidak).


Klik tombol "Backup" dan tunggu prosesnya sampai selesai (cukup lama).


Setelah proses selesai, akan muncul notifikasi "Packing Backup? (ini perintah untuk membuat backup ZIP atau tidak?) Boleh ya atau tidak.

Sebenarnya hasil dari backup ini, nanti akan tersimpan juga di subfolde, contoh misal di "backup/IMO-S89..." yang ada di dalam folder MTK Droid Tool dan juga akan disimpan di dalam SDCard anda (folder Backup)

Kita lanjutkan, masih di masih di tab "Root, Backup, Recovery" lanjut dengan klik tombol "To prepare blocks for Flash Tool"

 
Setelah itu akan muncul jendela Browse silakan anda cari file "files.md5" yang ada di subfolder "backup/IMO-S89..." buka dan biarkan proses hingga selesai.

Dalam proses ini MTKdroidTools akan membuat folder baru "Files_to_FlashTool" (hasilnya nanti berupa file-file yang bisa anda gunakan untuk flash ulang ke StockROM yaitu dengan menggunakan SP Flash Tool sebagai tool flashernya. Untuk cara flash menggunakan SP Flash Tool bisa anda cari di google.

2 komentar: