Diberdayakan oleh Blogger.

Cara backup firmware OPPO R831K full via SP Flashtool

Posted by Bencahalay

Untuk membuat backup firmware OPPO R831K menggunakan SP Flashtool ikuti langkahnya sesuai tutorial ini. Mengapa kita perlu membuat backup firmware OPPO R831K, karena file backup ini nantinya bisa kita gunakan untuk merestore apabila OPPO R831K mengalami masalah software seperti bootloop, nggak bisa masuk ke menu, hanya tampil di logo saja dan sebagainya. Mungkin bagi yang belum mencoba akan terasa sulit, tetapi kita bisa belajar melalui artikel ini, silakan simak langkah cara backup firmware OPPO R831K hingga berhasil.

Kita akan menggunakan SP Flashtool untuk membuat backup firmware OPPO R831K full dan siap pakai. Tentu untuk melakukan semua ini ada beberapa syarat yang harus disiapkan, yaitu ponsel OPPO R831K yang masih sehat, kabel data dan juga perangkat atau toolnya ialah MTKdroidtool dan SP flashtool. Untuk link download silakan masuk ke alamat dibawah ini. Silakan ekstrak filenya dan jangan lupa, syarat pertama ponsel OPPO harus sudah di ROOT, jika belum silakan cari di google banyak sekali tutorialnya.

DOWNLOAD FILE
MTK Droid Tool (pilih versi v2.4.8)
SP Flashtool
MTK Driver
Scatter

Persiapan
- Sebelumnya silakan non-aktifkan dulu anti virus di PC (biar aman)
- Ekstrak semua file hasil download, lalu install semua driver (exe) yang ada.Selain alamat diatas anda juga bisa download driver MTK dari link http://spflashtool.com saat anda download SPflashtool. Setelah itu restart PC.

- Setelah PC hidup (non-aktifkan lagi anti virus), lalu konekkan ponsel ke PC via kabel data, dan biasanya akan muncul notifikasi installing driver... tunggu hingga ready to use..,atau successfully (cek di control panel > device manager > akan muncul nama ponsel anda tanpa tanda seru kuning.) Jika belum berhasil, coba cabut dulu kabel datanya lalu pasang kembali dan tunggu responnya, terkadang harus restart berulang-ulang untuk bisa terinstal dengan baik.

Untuk ponsel tertentu instal drivernya bisa coba cara ini. Setelah driver selesai diinstal di PC anda, cabut baterai ponselnya. Sambil tekan dan tahan (volume-up) kemudian colokkan kabel datanya dari ponsel ke PC, tunggu responnya. Jika gagal, coba anda ulangi sekali lagi, tetapi dilanjutkan dengan memasang kembali baterainya (jangan lepas sampai ada respon installing) berjalan. Jika terinstal benar akan tampak seperti gambar berikut.



Langkah I membuat backup dengan MTKdroidtool:

1. Pastikan, OPPO R831K sudah di root. terdapat SDCard dengan ruang kosong minimal 2 GB dan driver terinstal baik.

2. Buka MTKdroidtool, colokkan USB dari ponsel ke PC dan jika ponsel terdeteksi, akan muncul Phone information lengkap.

3. Klik ROOT, ini diperlukan untuk meng-akses root shell. Jika muncul notifikasi pilih NO.

 
4. Jika pada saat proses akses root shell ini muncul pesan “ATTENTION! Request for confirmation on the device screen are possible! (lihat di kotak sisi kanan)” coba cabut dan pasang kembali kabel USB-nya.

5. Akes root shell akan berhasil jika pada bagian kiri-bawah berubah tanda jadi warna hijau dan  secara otomatis akses root shell akan berjalan kembali.


6. Setelah berhasil akses root shell, kemudian pilih tab root, backup, recovery > klik Backup. Klik YES, dan Tunggu saja prosesnya berjalan sampai nanti muncul notifikasi packing backup, lalu anda pilih NO.


CATATAN: Sebelum masuk ke tahap berikutnya, (jangan tutup MTKdroidtool-nya) terlebih dahulu anda harus mengcopy file MT6572_android_scatter hasil download diawal tadi (ekstrak file scatter) lalu taruh di dalam folder bernama R831K.._backup_.., (folder ini ada di MTKdroidtool anda > backups > R831K.._backup_..).

7. Kembali ke MTKdroidtool, sekarang klik To prepare blocks for FlashTool, lalu pilih files.md5 yang terdapat di folder hasil backup tadi klik Open.


8. Proses selesai ditandai tulisan copying is complete, secara otomatis akan ada folder baru bernama !Files_to_FlashTool yang ada di dalam folder R831K.._backup_



Langkah II membuat readback pakai SPFlashtool:

1. Jangan di tutup Mtk Droid Toolnya dan ponsel  masih terkoneksi dengan PC
Buka SPFlashTool, klik scatter loading dan pilih file scatter yang ada di folder !Files_to_FlashTool.

2. Klik menu Read back (atas), lalu pilih tombol Add.


3. Centang lalu dobel klik pada tulisan 0x00000…, lalu ketik nama usrdata.img klik Save.


4. Muncul kotak dialog, lalu isikan nilai pada Start Address dan Length yang diambil dari Blocks Map yang ada di MTK Droid Tool (klik block map maka akan nuncul block info). Cara mengisinya sebagai berikut: buang semua angka nol yang ada didepan dan diganti dengan 0x, misal 0047D80000 maka menjadi 0x47D80000. Lokasi nilai Start Address dan Length lihat gambar berikut.


5. Lakukan hal yang sama seperti diatas dan sekarang beri nama cache.img lalu Save. Setelah selesai cabut kabel USB dari PC, copot baterainya lalu klik tombol Read back.

6. Sambil tekan dan tahan volume up, lalu konekkan ponsel ke PC. Setelah terbaca, lepaskan tombol volume up dan tunggu proses pengambilan file selesai yang ditandai muncul centang lingkaran warna hijau.


Langkah Cara backup firmware OPPO R831K full via SP Flashtool selesai dan file ini bisa anda gunakan untuk flash OPPO R831K yang lain, selamat.

Related Posts:

Poskan Komentar