Sabtu, 11 Februari 2017

Mengatasi Pesan Error Modem Smartfren Smartfren AC 692

Sering kali modem Smartfren AC 692nmuncul pesan error the modem (or other connecting device) is already in use or is not configured properly", lalu bagaimana cara mengatasinya?. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti masalah pada port USB, masalah driver dan lainnya. Tetapi jika masalah muncul karena gangguan driver maka anda bisa memperbaiki Error Modem Smartfren dengan tips berikut ini.

Megatasi Error Modem Smartfren AC 692 dengan instal ulang driver. Sering kali masalah error modem apapun itu merknya bisa disebabkan karena gangguan drivernya. Solusi untuk ini adalah instal ulang driver, tetapi setelah instal ulang kok ternyata masih gagal juga. Jangan panik, mungkin instal ulang belum berrhasil karena sisa file lama masih ada dan mengganggu, coba anda gunakan tips berikut.

Sebelum instal ulang driver modem smartfren, silakan uninstall dulu driver modem lama melalui control panel. (Start > control panel > programs and features > klik nama modem-nya > uninstall)

Selanjutnya bersihkan sisa-sisa file smartfren yang mungkin masih tertinggal di sistem anda, caranya di kotak search ketikkan smartfren, maka akan muncul nama file yang berhubungan dengan smartfren (dengan catatan memang masih ada sisa file tertinggal), lalu delete semua file tersebut.

Untuk cara mencari sisa file diatas bisa melalui dua cara berikut. Klik Start lalu dikotak search (diatasnya) ketikkan smartfren. Delete file yang muncul.

atasi error modem smartfren AC 692

Atau bisa juga langsung cari di Localdisk (C:) caranya tekan (logo windows + E) lalu di jendela yang muncul klik di Local Disk (C:). Lalu di kotak search (sebelah kanan atas) ketikkan smartfren. Delete file yang muncul.

2 atasi error modem smartfren AC 692


Selain itu anda juga harus periksa lagi di bagian Registry (tekan windows + R, lalu ketik regedit lalu OK) silakan cek apakah sisa file smartfren masih tertinggal disana. Buka satu persatu, dan cari di bagian folder Software, pastikan sisa file smartfren sudah bersih.

3 atasi error modem smartfren AC 692

Setelah bersih dari sisa-sisa file, restart komputer selanjutnya lakukan instal ulang driver modem sampai finish. Pastikan semua proses berhasil dan benar seperti memasukkan data dial number (profil) untuk smartfren jangan sampai salah.

Silakan dicoba untuk koneksi internet, semoga berhasil. Tetapi jika memang semua cara diatas masih gagal maka curigai gangguan lainnya seperti:

- Driver harus di update (silakan cari di google untuk update driver)
- Port USB komputer bermasalah (coba pindah ke port USB lainnya)
- Bisa juga masalah ini timbul karena konflik dengan OS windows anda.

Ya, semoga sedikit uraian diatas bisa membantu mengatasi masalah error modem pada Smartfren AC 692 anda, dan jika masih gagal juga mohon maaf mungkin masalah memang terdapat di perangkatnya itu sendiri, bukan drivernya, sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar