Minggu, 12 Maret 2017

Cara instal printer menggunakan driver bawaan windows 7

Cara instal printer pakai driver bawaan windows, tanpa harus mencari driver lagi. Jika anda males mencari driver printer khusus untuk printer yang digunakan boleh coba cara berikut dengan menggunakan file driver yang sudah ada/bawaan di windows 7. Hanya perlu langkah instalasi saja karena filenya sudah ada di sistem sehingga printer bisa terinstal di windows dengan sempurna dan bisa dijalankan. Tips ini memiliki keterbatasan memang karena tidak semua type bisa tercover, silakan dicoba cara instal printer menggunakan driver bawaan windows 7 seperti berikut.

Cara instal driver printer di windows 7 ada dua metode yang bisa kita gunakan. Pertama seperti di judul artikel ini yaitu dengan menginstal driver printer yang sudah ada di window 7 dengan merk/type printer anda. Untuk cara instalasi silakan anda ikuti langkah cara  instal printer di windows 7 tanpa instal driver baru di komputer (tidak semua type cocok dengan cara ini), tetapi bisa dicoba dulu.

Sebagai tips untuk anda yang perlu ketahui, beberapa seri printer dari merek tertentu tidak akan selalu sama dengan seri printer yang tertera perangkat printer anda (chasingnya). Sebagai contoh, bila anda mengunakan Canon Seri MP287 maka pada master driver bawaan windows hanya ada Driver Canon Seri MP280 (Angka terakhir pada seri printer biasanya hanya menentukan warna saja) artinya MP287 dan  MP280 itu sama saja, semoga jadi pemahaman.

Langkah instalasi/setting:

1. Masuk ke Control panel (start > control panel) dan pilih Devices and Printers


2. Selanjutnya klik tombol Add Printer, lalu pilih Add a Local Printer


3. Pada Printer Port, pilih Use an Existing Port dan pilih opsi LPT1
Jika menggunakan LPT1 tidak cocok, coba pilih opsi lain misal COM 9 dan sebagainya (karena kondisi komputer bisa berbeda-beda, ada yang port-nya sudah rusak dsb).


4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog dengan daftar berbagai merk printer

5. Lihat dikolom sisi kiri (manufacturer), silakan klik salah satu merk printer yang sama dengan printer anda, kemudian di kolom sisi kanan (printers) pilih type-nya yang cocok, kemudian klik Next dan ikuti proses instalasinya hingga finish.


6. Setelah instalasi selesai maka di Devices and Printers tadi akan muncul nama printer yang baru anda instal tadi dan selesai, silakan coba pasang printernya.

Apabila memang tidak ada yang cocok dengan semua driver yang ada di window 7 tersebut, maka silakan download di gogle banyak sekali atau pakai CD driver juga bisa. Caranya sama seperti langkah diatas, setelah sampai di langkah no 5 pilih Have disk. Jika anda pakai CD klik OK. Jika anda pakai file driver hasil download pilih browse dan cari filenya.

Artikel terkait:
Cara mengatasi muncul pesan runtime error pada komputer
Cara mengatasi tombol keyboard tidak cocok dengan fungsinya
Cara sharing-data melalui-wifi antar komputer
Cara atasi-error-code-0x80070437-firewall
Penyebab-bootmgr is missing windows-7 dan cara atasinya
Cara memperbesar foto agar hasil tetap bagus
Cara mengembalikan tampilan layar-terbalik pada komputer
Cara instal minitool partition wizard full
Cara flash samsung galaxy pocket-duos sukses
Cara membuat gambar-gif dengan mudah
Cara atasi tidak bisa copy-paste dan klik kanan tidak berfungsi
Cara dan solusi microsd tidak terbaca atau 0-byte

Sekian cara instal driver printer di windows 7 menggunakan driver bawaan yang bisa saya sampaikan dan tips ini cocok untuk printer keluaran lama, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar