Sabtu, 05 September 2015

Trik membuat pelangi pada gambar dengan photoshop

Trik membuat pelangi pada sebuah gambar dengan photoshop. Untuk menghasilkan sebuah foto yang menarik, kreatifitas memang cukup berperan dalam trik editing. Trik kali ini, bagaimana cara membuat pelangi pada sebuah gambar menggunakan photoshop. Trik ini cukup mudah, tetapi bagi yang belum paham, kita berikan trik membuat pelangi pada sebuah gambar dengan photoshop.

Cara membuat pelangi pada sebuah gambar menggunakan photoshop. Persiapkan dahulu foto pemandangan dengan langit yang cerah, bisa anda cari di google sebagai latihan kali ini. Atau jika anda punya foto sendiri tentu lebih menarik. Berikut trik membuat pelangi pada sebuah gambar menggunakan photoshop yang saya pakai.

1.Pertama buka gambar dengan pemandangan langit cerah dan luas. Selanjutnya klik layer > new > layer, maka akan muncul layer baru diatasnya.


2. Selanjutnya pilih Rectangular Marquee tool, kemudian buat sebuah seleksi seperti contoh gambar dibawah ini.


3. Pilih gradient tool (G), klik pada kotak warna gradient, dan akan muncul window gradient editor, selanjutnya doble klik pada slider warna yang ada di bagian bawah, untuk merubah warna menjadi pelangi nantinya. Jika ingin menambah slider warna, klik dibagian dimana saja di antara dua titik tersebut, setelah semua beres klik OK.


4. Selanjutnya kita menuju ke kotak seleksi tadi, anda klik di garis seleksi bagian atas, lalu tekan tombol shift (tahan), lalu drag lurus kebawah sampai di batas garis bawah, kemudian lepas mouse. Maka warna gradient akan muncul di box tersebut, contoh hasil warna pelangi sbb.


5. Tekan ctrl+d untuk menghilangkan seleksi. Pilih Erase tool, atur sizenya dan setting brush lembut (gambar kuas melebar), gunakan opacity  7-10 %,  lalu samarkan (hapus) bagian kiri dan kanan (juga pinggir atas dan bawah, sedikit saja). Tambahkan efek blur dengan klik Filter > Blur > Gaussian blur dan geser slider hingga hasilnya pas (10-12%).


6. Sekarang saatnya membentuk pelangi pada foto. Pastikan layer pelangi masih terpilih, pilih menu Edit > Transform > Warp. Dibagian warp option dibagian atas, ubah dari custom menjadi Arch.


7. Drag posisinya (klik didalam garis lalu geser), kemudian sesuaikan kelengkungannya (drag ditanda kotak kecil). Anda juga bisa rotasi gambar (klik kanan > rotate), kemudian untuk merubah besar gambar, dan kemiringan klik kanan > free transform, tarik dititiknya. Setelah pas untuk menghilangkan free transform klik path selection tool.


8. Rubah warnanya agar tidak terlalu kuat, ubah blending mode dari normal menjadi color dan kurangi opacity +-55%.


9. Selanjutnya tekan ctrl + j untuk menggandakan layer pelangi. Klik 2 kali pada thumbnail layer pelangi sehingga akan muncul window Blending option.


10.Centang di color overlay dan outer glow, ubah opacity-nya, dan gambar berikut sebagai contoh setting. Klik lagi di tulisan outer glow, lalu sesuaikan size (+-70) dan opacitynya (full).


11.Setelah dirasa sudah pas, gabungkan semua layer yang ada, klik layer > merge visible, silakan simpan.

Anda juga bisa bereksperimen lagi sendiri untuk mempercantik hasilnya, selamat mencoba, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar