Sabtu, 29 Oktober 2016

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Ponsel Android via APK

Untuk menghapus aplikasi bawaan di Android, anda bisa menggunakan apk tambahan. Karena mungkin tidak semua aplikasi bawaan android diperlukan pengguna, maka tidak jarang yang ingin menghapusnya. Caranya cukup mudah, hanya perlu apk tambahan seperti app remover atau lainnya. Keuntungan menghapus aplikasi bawaan adalah kinerja ponsel semakin optimal dan penggunaan ruang penyimpanan lebih lega.

Untuk bisa menghapus aplikasi bawaan di Android, ponsel harus sudah dalam kondisi rooted. Jika Phone belum di root, silakan mencari di google tutorialnya, atau anda bisa ikuti langkah cara pertama dibawah ini yaitu menghapus aplikasi bawaan menggunakan No Bloat, simak langkah berikut ini.

Cara Pertama: No Bloat
Aplikasi ini memiliki fitur backup, apbila anda ingin membuat backup terlebih dahulu sebelum menghapusnya, maka anda bisa melakukan backup aplikasi bawaan tersebut. Pastikan ponsel sudah di Root (karena jika belum maka hanya bisa menyembunyikan saja, meski tidak memakan kinerja android tapi memakan ruang penyimpanan). Silakan masuk ke google playstore atau langsung klik link berikut untuk download.

Langkah menggunakan No Bloat:
Download No Bloat

Install aplikasi No Bloat, izinkan jika diminta SuperUser.
Buka aplikasi No Bloat, Pilih system apps kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus, Pilih Aplikasi > Pilih Backup and Delete atau Delete Without Backup.


Cara Kedua: System Application Remover
Application Remover tidak memiliki fitur Backup. Anda hanya bisa menghapus aplikasi bawaan dan tidak bisa dikembalikkan kembali.
Download Application Remover

Cara menjalankan Application Remover:
1.    Install lalu buka aplikasinya.  
2.    Pilih System Apps.
3.    Cari aplikasi yang ingin dihapus, Kemudian centang dan Uninstall.
4.    Done.

Tips bagi anda pengguna android dibawah KitKat, mungkin hanya bisa menghentikan aplikasi saja (tidak dihapus) dan untuk ini, anda bisa menggunakan Aplikasi Drawer.

Jalankan aplikasinya kemudian pilih menu, cari aplikasi yang ingin anda sembunyikan (tidak di jalankan) silakan pilih Hide Applications pilih Done.

Untuk perangkat OS KitKat, silakan masuk ke Setting/Pengaturan > Device/Perangkat > Apps/Aplikasi. Cari aplikasi yang ingin dipaksa berhenti dengan pilih Force Stop.

Ya, dua cara diatas biasanya sudah bisa untuk menghapus aplikasi bawaan android. Semoga tips ini cukup membantu, dan apabila anda ingin menggunakan apk lain bisa juga silakan cari di google banyak sekali, sekian semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. I have a big family. I live with my mom, my dad, my two sisters,
    and my brother.Both of my sisters are older than me,but my brother
    is younger. My sister Elizabeth is the oldest.She is sixteen years
    old. Carrie is thirteen years old.We used to share a room, but when
    we moved to our new town,928bet got rooms of our own.My brother
    is youngest.He is only four years old. My mom’s name is Sally.She to
    be a teacher,but now she stays home to take care of us.My dad’s name
    is Tim they is a casa98.He helps little kids when they are sick.

    BalasHapus